Karakteristik mesin Suzuki Thunder 125: galak di putaran atas

speedoSebagai motor dengan mesin short stroke dan port semi-racing, Suzuki Thunder 125 memang memiliki karakteristik tenaga yang lebih besar pada putaran atas. Perlu diketahui bahwa karakter mesin ini jauh berbeda dengan mesin GL milik Honda, yakni MegaPro dan Tiger. Mesin GL dengan long strokenya memiliki tenaga yang lebih kuat di putaran bawah.

Namun, hal tersebut tidak berarti putaran rendah Thunder 125 loyo. Di atas 2.000 rpm, Thunder 125 memiliki kekuatan yang lebih dari cukup untuk melakukan start santai setelah menunggu di perhentian lampu merah.

Lain halnya dengan start yang diperuntukkan untuk mencapai kecepatan tinggi. Teknik slip kopling dibutuhkan agar Thunder 125 melesat bak anak panah. Geber gas hingga 5.000 s/d 6.000 rpm atau bahkan lebih, kemudian lepas kopling secara cepat, namun tetap dengan menahan sebagian tarikan kopling — teknik setengah kopling. Setelah kecepatan mengejar hingga putaran mesin tersebut, lepas kopling dengan sempurna. Teknik ini berlaku hingga gigi 2-3 untuk Thunder.

suzuki-en125-speedoSebagai rider yang terbiasa mengendarai motor 2-tak dengan RC-valve, yang memiliki karakteristik mesin yang juga galak di putaran atas namun loyo di putaran bawah, teknik ini sering dipraktekkan pada Thundie. Hasilnya, Thundie dapat melesat kencang sejak start, melewati motor-motor lainnya bahkan dengan kapasitas cc yang lebih besar sekalipun.

Advertisements

One thought on “Karakteristik mesin Suzuki Thunder 125: galak di putaran atas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s