Tidak Pernah Mogok

photo

Sudah beberapa kali, selama beberapa bulan ini, rider sering mendapati sepeda motor batangan model-model baru Honda yang mogok di jalan. Agak aneh memang, motor-motor tersebut model-model teranyar Honda, sebut saja beberapa model anyar denga kapasitas 150 dan 160cc. Seperti, kejadian rider Honda 150cc yang mendorong motornya sepanjang jalan Antasari. Sepertinya cukup emosi, sebab setelahnya nampak memukul setang motor Honda-nya berkali-kali sambil memaki-maki.

Sayang sekali, motor baru tetapi sudah mogok. Jauh berbeda dengan Thunder 125 2006 milik rider, yang sejak 2006 belum pernah mogok sama sekali. Adapun kerusakan pun tidak terjadi tiba-tiba, misalnya kerusakan sepul yang ditandai dengan melemahnya kelistrikan, dsb. Memberi cukup waktu bagi rider untuk menabung sebelum menservis Thundie.

Memang model baru tidak selalu lebih baik.

Advertisements

4 thoughts on “Tidak Pernah Mogok

  1. honda memang payah bro, sering overheat terutama utk motor laki2nya spt megaprot, tiger 😆 btw kenapa spul thunder bisa rusak ? apa krn kebakar ? thx, (sy rencana mau beli new thunder 125 juga soalnya 😳 )

    • Bisa jadi (1) sudah umur, walaupun tidak terlalu lama, jadi mungkin (2) sepul produksi 2006 agak underspek untuk alternator Thundie. Tapi walaupun rusak, sepul di dalamnya ada banyak dan terpisah masbro. Kemarin yang mati sudah 4, tapi gejalanya sudah terasa sejak mati satu, dan jaraknya sekitar 2-3 bulan sampai dengan penggantian. Jadi dia tidak rusak sampai mogok tiba-tiba, perhatikan saja gejalanya dulu.

  2. mungkin karna ada anggapan mesin honda makin panas makin greng, jdi riderny sering memaksakan motor tanpa istirahat.

    dan benar saya telah membuktikan, suprafit 2006 sya ajak menanjak curam hasilnya motor ngelitik parah dan minta diistirahatkan sejenak baru bertenaga kembali.

    padahal dulu saya pun pernah menanjak lebih extrim dari itu menggunakan shogun125, hingga motor tak kuat mendakipun tidak sampai ngelitik parah atau hilang tenaga secara drastis.

    dan akhirnya sya sudah tidak penasaran kembali dngan anggapan orang tentang. motor honda makin panas makin bringas. terlalu panas ya overheat & ngelitik.

    • kalo yang saya lihat itu megapro greng 2014 bos. emang mati total gak bisa nyala sih, wong ampe didorong.

      kalo supra fit kemungkinan blok mesin yang toleransi panasnya gak bagus, part mesinnya kan beda sama supra X. untuk honda sekarang-sekarang ini lebih ke tensioner rantai keteng yang lebih banyak masalahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s