Lampu depan Thunder 125 putus terus? Coba ganti kiprok

IMG_3079Thundie sang raja jalanan kembali dirundung masalah. Kali ini adalah masalah lampu depan yang selalu mati tidak lama setelah diganti. Bagaimana tidak, setiap motorobo mengganti lampu baru di pagi hari, menjelang malam pulang kantor, lampunya sudah putus lagi. Dan bukan hanya lampu dekat, melainkan lampu jauh juga. Walhasil di kegelapan jalan tikus, motorobo sering menghajar lubang tanpa persiapan. Entah sudah berapa paragraf istighfar maupun sumpah serapah yang terucap.

Sebetulnya kejadian lampu depan yang sering putus sudah terjadi cukup lama, semenjak 1-2 bulan yang lalu. Namun motorobo tidak banyak memikirikannya, mungkin memang kualitas lampu Thunder generik kurang bagus. Awalnya lampu depan mati seminggu sekali. Musim hujan, mungkin juga karena batok lampu depan kemasukan air, pikir motorobo. Apalagi dengan parkiran motor yang terbuka khas gedung kantor. Namun lama kelamaan, hanya beberapa hari saja sejak diganti, lampu depan sudah mati lagi. Semakin parah lagi sekarang, motorobo harus mengganti lampu depan setiap hari! Berangkat jam 7, sekitar jam 7:30, lampu dekat mati. Langsung ganti lampu jauh. Pulang kantor, 30 menit lampu jauh pun ikut mati. 30 menit menjelang sampai rumah, lampu depan sudah mati total.

Dan parahnya, hal sama terjadi pula dengan merk lampu depan Thunder OSRAM original. Tanpa motor kehujanan. Jadi, putusnya lampu depan akibat kemasukan air hujan, tidak terbukti.

Kemungkinannya tinggal kiprok yang sudah mulai melemah, dan tidak dapat membatasi tegangan yang mengalir ke lampu depan. Tentu saja apabila tegangan yang disalurkan ke lampu lebih dari 12V, filamen lampu depan akan putus dengan cepat. Maka pagi ini sambil berangkat ke kantor, motorobo mencoba singgah ke bengkel motor pinggiran langganan.

“Mas, punya kiprok Thunder 125?”, tanya rider sesampai di bengkel. “Ada mas”, sahut mas penjaga bengkel, “mau yang biasa atau original”. “Original aja, berapaan ya itu?”, balas rider. “Sebentar”. Setelah beberapa lama mas mengambil barang, ia pun berujar, “235 ribu mas, mau?”. “Sudah termasuk pasang kan? Boleh deh. Sama lampu OSRAM untuk Thunder 125-nya ya.”, ujar rider.

Tak lama mekanik pun mulai mengutak-atik kiprok Thundie, rider bertanya, “Mas, kiprok lamanya apa bisa dicek dulu ya, apa betul tegangan ke terlalu besar, lebih dari 12V”. “Wah, gak punya multitester di bengkel sini mas”. Jiah, apa boleh buat. Berarti kiprok bermasalah tinggal jadi hipotesis saja.

Setelah mengecek kondisi konektor kiprok, mekanik berujar lagi, “Wah, konektornya beda mas, kiprok yang ini untuk Thunder yang lebih baru”. Tak lama sang mekanik kembali ke penjaga bengkel dan menukar dengan kiprok yang lain. Ternyata ada stoknya. Setelah menguji coba dengan kiprok baru dan menggeber-geber motor dalam kondisi lampu depan baru dan menyala, mekanik pun berkata, “Iya mungkin kemarin karena kiproknya sudah lemah.”

Setelah kiprok terpasang, rider pun meninggalkan bengkel dengan perasaan lega. Mari kita lihat hasilnya hari ini, apakah hipotesis bahwa kiprok bermasalah ini terbukti benar.

Advertisements

8 thoughts on “Lampu depan Thunder 125 putus terus? Coba ganti kiprok

  1. dicek dulu kiproknya di bengkel yg montirnya jago listrik, setau sy kiprok thunder ori kuat & bagus, tapi klo sampe korslet bisa2 cdi & lain2 ikutan jebol 😀

    • Terus kalau bukan kiprok apa lagi kira-kira masbro? Soalnya lampunya putusnya mendadak, dan bukan sedang di polisi tidur dan jalanan jelek juga. Konektor-konektor dicek juga kuat, gak kendor. Btw ini kiprok umurnya udah hampir 8 tahun masbro..

  2. (Comment motorobo klonengan dihapus)

    @djn: Apaan, terakhir jajan ganti sepul juga udah setahun yang lalu, gak ada masalah sama sekali tuh setelahnya. Sirik aja sama keawetan dan ketangguhan Thunder 125.

  3. Setelah sebulan lebih berjalan dan lampu depan sehat wal’afiat, maka dengan ini hipotesis bahwa kiprok bermasalah, sudah terbukti!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s